Pelatihan BNSP
MATA KULIAH
PELATIHAN STANDAR BNSP
NAMA :
Mohamad Amarudin
NIM :
2004046034
KELAS :
TP_B
Instruksi
Isilah pertanyan-pertanyaan di bawah ini!
1- Jelaskan
perbedaan antara KKNI dan SKKNI!
KKNI ialah
standar acuan di dalam pengemasan SKKNI ke tingkat atau jenjang kualifikasi
dari 3-6 sesuai dengan Keputusan Menteri ketenagakerjaan Indonesia nomor 233
tahun 2016. SKKNI merupakan
standar kompetensi tenaga kerja yang berlaku secara nasional di Indonesia dan
merupakan standar kompetensi bersifat lintas perusahaan. |
2- Jelaskan
keterkaitan antara perumusan KKNI dengan pengembangan kualitas SDM Nasional
Indonesia!
Keterkaitannya
ialah menentukan SDM yang kompeten dalam bidang tertentu sehingga dalam
perumusan KKNI haruslah mempertimbangan beberapa hal seperti Budaya, Motivasi
kerja, sistematis kerja yang sesuai sehingga proses dalam pengembangan SDM
maksimal. |
3- Jelaskan
mengapa pengembangan pengalaman mandiri dapat mencapai level kualifikasi yang
sama dengan pengembangan diri melalui pendidikan formal!
Karena dalam
pengembangan pengalaman mandiri seseorang mencoba mencari ilmu atau metode
yang belum ditemukan dan dirumuskan dalam dinas ketenagakerjaan sehingga
kualifikasinya bisa sama karena orang tersebut sebagai penggagas atau
pencetusnya sehingga kualifikasinya disetarakan. |
4- Jelaskan
gambaran kualifikasi kompetensi yang harus dimiliki seorang sarjana!
Manajemen yaitu
mengelola dan mengatur kerja dari sebuah perusahaan dan sebagainya sehingga
tertib dalam bekerja pada semua karyawannya. Problem solving
ialah mampu mencari solusi masalah yang dihadapi dalam suatu perusahaan. Curiosity dalam
ilmu yang belum dipahami sebelumnya dan dipelajari dalam perkuliahan. Tanggungjawab kepada
pekerjaan sesuai dengan keilmuan yang diperoleh sebagai bukti professional
dalam bekerja. Analisis kritis
dengan mengacu pada pengetahuan yang dipahami sehingga diperoleh kesimpulan
yang tepat untuk proses pengembangan suatu ilmu. Mudah
beradaptasi dalam semua lingkungan sehingga memudahkan bekerja disemua
bidang. Inovatif dan
kreatif yaitu mampu menyampaikan ide atau gagasan baru yang berhubungan
dengan pekerjaan seperti halnya ide proposal pada dunia industry. |
5- Jelaskan
deskripsi umum dari kualifikasi nasional bidang pelatihan subbidang metodologi
pelatihan!
Kulifikasi ini
meliputi kemampuan untuk merencanakan, menyampaikan materi pelatihan atau
pembelajaran secara terstruktur sesuai dengan tujuan pelatihan atau
pembelajaran di bidangnya, dengan menerjemahkan informasi dan menggunakan
alat berdasarkan sejumlah pilihan prosedur kerja, prinsip-prinsip serta
konsep umum yang terkait dengan fakta di bidang pelatihan, sehingga mampu
menyelesaikan berbagai masalah yang lazim dengan metode yang sesuai, dapat
bekerja sama dan melakukan komunikasi dalam lingkup kerjanya serta mampu
menunjukkan kinerja dengan mutu dan kuantitas yang terukur. |
6- Jelaskan
perbedaan kompetensi antara kualifikasi nasional bidang pelatihan antara
jenjang 3 dan 4!
Jenjang ke-3
bisa bekerja sebagai asisten instruktur atau instruktur junior dan beberapa unit
kompetensinya tidak memerlukan kompetensi khusus (Pelatihan) hanya 1 yaitu
melakukan pelatihan tatap muka dengan persyaratan kompetensinya
P.854900.016.01 sedangkan jenjang ke-4 bisa bekerja sebagai Instruktur maupun
pengajar vokasi dan beberapa daftar Unit kompetensinya memerlukan
persayaratan kompetensi dikarenakan sebagai bukti dia komptenen dalam bidang
tertentu. |
7- Jelaskan
karakteristik utama kualifikasi nasional bidang pelatihan jenjang ke-6!
Teliti dan
cermat karena ia adalah seorang professional dibidangnya yang mengembangkan
dari kualifikasinya yang diakui melalui sertifikasi yang telah diperoleh. Analisis yang
kritis sebab dalam menentukan pengembangan diperlukan kritis untuk
pengembangan kurikulum dan jawaban dari keresahan dipikirannya apakah
kompetensi ini bermanfaat serta relevan sekitar 10 tahun kedepan.. Pengalaman yang
banyak sehingga bisa diterapkan dalam perumusan kurikulum yang relevan dimasa
mendatang. |
Comments
Post a Comment