laporan

 

Laporan PPL MTS Miftahus Sa’adah

Dosen Pembimbing: Ibu Otih Jembarwati S.PSi, MA

 


Disusun oleh:

Mohamad Amarudin       (2004046034)

PROGRAM STUDI TASSAWUF DAN PSIKOTERAPI

FAKULTAS USHULUDDIN DAN HUMANIORA

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO

 


Kata Pengantar

Bismillahirrohmanirrahim Alhamdulllahirobbil ‘Alamin, puji syukur atas kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang telah memberikan rahmat, karunia, taufik, inayah serta hidayah-Nya sehingga saya selaku penulis dapat menyelesaikan tugas laporan PPL TP 2023  di Madrasah Tsanawiyah Miftahus Sa’adah Mijen Semarang serta ucapan terima kasih kepada Ibu Otih Jembarwati S.Psi, MA selaku dosen pembimbing Lapangan.

                Dari saya selaku penyusun berharap dengan disusunnya Laporan ini dapat berguna serta bermanfaat dalam menambah wawasan dan pengetahuan kita guna menjadikan ilmu yang dapat membuat kita semakin mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala sehingga merasa bahwa ilmu yang diketahui serta dipahami hanyalah setetes air disamudra yang berarti hanyalah sedikit dari ilmu kita dari Yang Maha Mengetahui yaitu Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Dari kami mengharapkan kritik dan saran agar nantinya dalam penyusunan tugas selanjutnya lebih baik lagi dari sebelumnya mengingat bahwa kesempurnaan hanyalah milik Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Semoga tugas sederhana dari saya bisa dipahami oleh semua kalangan yang membacanya terutama bagi penulis sendiri. Sebelumnya mohon maaf jikalau dalam penyusunan tugas ini terdapat kata-kata yang kurang berkenan. Saya dari penulis meminta maaf untuk hal tersebut serta mengucapkan terimakasih telah bersedia membaca karya kami.

 

 

 

 

 

Semarang,11  Maret  2023

 

 

 

Penulis


 

BAB I

PENDAHULUAN

 

Latar Belakang

Ppl ialah suatu proses yang harus dilakukan mahasiswa selain pembelajaran di dalam kelas selama perkuliahan serta sebagai penerapan ilmu yang diperoleh dalam perkuliah di interpretasikan di PPL. Tahun ini berbeda dengan PPL sebelumnya yang di rumah sakit Jiwa kali ini memilih di sekolah Madrasah Tsanawiyah dan Sekolah Menengah kejuruan dengan Alasan ketika mahasiswa PPL di rumah sakit jiwa kurang didalam penerapan setelah selesai PPL hingga akhirnya diputuskan di Sekolah dan Madrasah.

PPL bertujuan agar memberikan pengalaman lapangan bagi mahasiswa serta mahasiswa diberi tugas mengajar sesuai dengan pembagian dari guru pamong selaku pembimbing mahasiswa selama Proses PPL. Dalam Proses PPL mahasiswa diharapkan mendapatkan pembelajaran yang akan bermanfaat dimasa mendatang seperti halnya nanti pada kegiatan selanjutnya seperti KKN.

Harapannya setelah PPL mahasiswa memiliki bekal yang nantinya bermanfaat setelah lulus dari perguruan tinggi dan siap dalam menjalankan 3 tri dharma perguruan tinggi serta membangun desanya menuju ke arah yang lebih baik dikarenakan pendidikan yang diperolehnya selama perkuliahan dan mengajarkan ilmu yang diperolehnya kepada masyarakat sekitarnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RPP

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

 

 

 

Satuan Pendidikan      :  MTs Mifathus Sa’adah Mijen Semarang

Mata Pelajaran            : Akidah Akhlak

Kelas / Semester         :  IX (Sembilan) / Genap

Materi Pokok              :  Adab Berpakaian, Makan dan minum

                                       Keteladanan Utsamanb Bin Affan dan Ali Bin Abi Thalib

Alokasi Waktu            : 4 pertemuan (1 jam = 40 menit)

 

A.    Kompetensi Inti:

 

KI 1

:

Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

KI 2

:

Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

KI 3

:

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya yang terkait dengan fenomena dan kejadian tampak mata.

KI 4

:

Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.1.      Memahami adab berpakain, makan dan minum sesuai dengan syari’at Islam

3.1.1. Menjelaskan pengertian adab dalam islam

3.1.2. Mengidentifikasi dalil tentang adab berpakain, makan dan minum

3.1.3. Menjelaskan dasar dan tujuan serta hikmah adab berpakain, makan dan minum

 

4.1. Memahami keteladanan Utsman Bin Affan dan Ali Bin Abi Thalib

4.1.1. Mengenal Biografi dari Utsman Bin Affan dan Ali Bin Abi Thalib

4.1.2. Memahami Keteladan Utsman Bin Affan dan Ali Bin Abi Thalib

4..1.3. Menerapkan sifat teladan Utsman Bin Affan dan Ali Bin Abi Thalib dalam kehidupan sehari-hari

C.  Tujuan Pembelajaran

1.    Pertemuan 1

Setelah peserta didik mengamati, menanya, mengeksplorasi, menalar dan merefleksi tentang Adab berpakaian, makan dan minum dalam Syariat Islam sehingga diharapkan peserta didik mampu :

·         Menjelaskan pengertian Adab berpakain, makan dan minum dalam Syari’at Islam.

2.    Pertemuan 2

Setelah peserta didik mengamati, menanya, mengeksplorasi, menalar dan merefleksi tentang Adab berpakaian, makan dan minum dalam Syariat Islam sehingga diharapkan peserta didik mampu :

·         Mengidentifikasi dan menerapkan Adab berpakain, makan dan minum dalam Syari’at Islam dalam keseharian.

3.    Pertemuan 3

Setelah peserta didik mengamati, menanya, mengeksplorasi, menalar dan merefleksi tentang keteladanan Utsman Bin Affan dan Ali Bin Abi Thalib dan diharapkan peserta didik mampu:

·         Mengetahui biografi dari Utsman Bin Affan dan Ali Bin Abi Thalib.

4.         Pertemuan 4

Setelah peserta didik mengamati, menelaah, mengeksplorasi, menalar dan merefleksi tentang  keteladanan Utsman Bin Affan dan Ali Bin Abi Thalib sehingga diharapkan peserta didik mampu :

·         Menerapkan sifat terpuji tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

D.  Materi Pembelajaran

1.    Pertemuan 1

·         Memahami pengertian Adab berpakaian, makan dan minum dalam Syariat Islam.

2.    Pertemuan 2

·         Mengidentifikasi dalil tentang Adab berpakaian, makan dan minum dalam Syariat.

3.    Pertemuan 3

·         Mengetahui biografi dari Utsman Bin Affan dan Ali Bin Abi Thalib.

4.    Pertemuan 4

·         Menerapkan sifat terpuji tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

E.     Metode Pembelajaran

1.    Pendekatan        : Saintifik

2.    Metode              : kontekstual, kooperatif dan diskusi.

3.    Teknik                : Information Search

F.   Media, Alat Dan Sumber Belajar

1.    Media dan Alat

                  a.     Laptop

                  b.     Print Out Presentasi Powerpoint

                  c.     Spidol dan papan tulis

                  d.     Power Point

                  e.     Video Pembelajaran

3. Sumber Belajar

a.    Buku Kisah teladan Utsman Bin Affan dan Ali Bin Abi Thalib

b.    Modul Aqidah-Akhlak/Kelas ( semester genap)

c.    Buku Sejarah Hidup Imam Ali binAbi Thalib RadiyAllahu Anhu Oleh H.M.H. Al Hamid Al Husaini diterbitkan di Lembaga Penyelidikan Islam Jl. Blora 29, Jakarta Oktober 1981.

d.    Tarikh Khulafa Karya Imam Jalaluddin Asy-Suyuthi

G.  Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran     

Pertemuan pertama:

1.    Pendahuluan (10 menit)

a.    Membuka pembelajaran dengan dengan salam, serta berdo’a bersama.

b.    Guru memeriksa kesiapan peserta didik dengan memeriksa kehadiran.

c.    Memberi informasi KI / K.D., indikator, dan tujuan pembelajaran.

d.    Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.

2. Kegiatan Inti (60 menit)

Mengajar dan Mengamati

·         Memberikan Penjelasan pentingnya Adab berpakain, makan dan minum dalam syar’iat islam.

·         Melakukan tanya jawab tentang isi kandungan ayat tentang adab berpakaian, makan dan minum dalam Syari’at Islam.,

·         Melakukan tanya jawab tentang pengertian adab berpakain, makan dan minum dalam Syari’at Islam.

·         Memberikan appersepsi kepada siswa yang aktif dalam pembelajaran

Mengeksplorasi

·         membaca dari berbagai sumber materi  tentang adab berpakain, makan dan minum dalam Syari’at Islam serta mendisusikannya.

Mengasosiasi:

·         Membuat kesimpulan makna pengertian adab berpakain, makan dan minum dalam Syari’at Islam.,

Mengkomunikasikan:

·         Presesntasi hasil diskusi dan analisis dalil tentang adab berpakain, makan dan minum dalam Syari’at Islam.

3. Penutup (10 menit)

a.    Guru dan peserta didik melaksanakan refleksi pembelajaran yang telah dilaksanakan.

b.    Melakukan penguatan materi pelajaran hari ini.

c.    Merencanakan kegiatan tindak lanjut.

d.    Menyampaikan inti kegiatan untuk pembelajaran berikutnya.

e.    Guru bersama-sama peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.

 

Pertemuan Kedua:

1.        Pendahuluan (10 menit)

a.    Membuka pembelajaran dengan dengan salam, Asmaul Husna dan berdo’a bersama.

b.    Guru memeriksa kesiapan peserta didik dengan memeriksa kehadiran.

c.    Guru melakukan refleksi pembelajaran sebelumnya.

d.    Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.

2. Kegiatan Inti (10 menit)

Mengajar dan mengamati:

·         Menjeleskan tentang keteladanan Utsman Bin Affan dan Ali Bin Thalib.

Menanya:

·         Melakukan tanya jawab tentang sifat terpuji dari Utsman Bin Affan dan Ali Bin Abi Thalib

Mengeksplorasi:

·         Membaca Literatur dari berbagai sumber materi  tentang Utsman Bin Affan dan Ali Bin Abi Thalib

·         Membuat kesimpulan dari keteladanan Utsman Bin Affan dan Ali Bin Abi Thalib serta penerapannya dimasa sekarang

Mengkomunikasikan:

·         Presesntasi hasil analisis tentang Sifat Terpuji dari Utsman Bin Affan dan Ali Bin Abi Thalib

3. Penutup (60 menit)

a.       Guru dan peserta didik melaksanakan refleksi pembelajaran yang telah dilaksanakan.

b.      Melakukan penguatan materi pelajaran hari ini.

c.       Memberikan tugas untuk mengetahui pemahaman siswa dari proses pembelajara

d.      Guru bersama-sama peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.

 

H.    Penilaian

1.    Sikap

a.    Teknik Penilaian                    : Penilaian Diri.

b.    Bentuk Instrumen                  : Lembar Penilaian Diri.

c.    Indikator                                :

No.

Sikap/Nilai

Instrumen

1

Berdoa sebelum dan sesudah belajar

Terlampir

2

Kesungguhan dalam proses pembelajar

Terlampir

3

Keaktifan siswa dalam pembelajaran

Terlampir

4

Menjaga lingkungan hidup di sekitar rumah tempat tinggal, sekolah dan masyarakat

Terlampir

 

2.    Sikap sosial

a.    Teknik Penilaian                    : Penilaian Antar Peserta Didik.

b.    Bentuk Instrumen                  : Lembar antar peserta didik

c.    Indikator                                :

No

Sikap/Nilai

Instrumen

1.

Tidak menyela pembicaraan.

Terlampir

2.

Tidak berkata-kata kotor, kasar, dan takabur.

Terlampir

3.

Tidak meludah di sembarang tempat.

Terlampir

4.

Tidak menyela pembicaraan

Terlampir

5.

Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain

Terlampir

6.

Bersikap 5S (salam, senyum, sapa, sopan, santun)

Terlampir

7.

Meminta ijin ketika akan memasuki ruangan orang lain atau menggunakan barang milik orang lain

Terlampir

 

3.    Pengetahuan

                  a.     Teknik Penilaian                   : Tes Tertulis

                  b.     Bentuk Instrumen                 : Uraian

                  c.     Indikator                               :

No.

Indikator

Instrumen

1.

Menjelaskan pengertian adab berpakaian, makan dan minum dalam syari’at Islam

memahami pengertian adab berpakaian, makan dan minum dalam syari’at Islam

2.

Mengidentifikasi dalil tentang adab berpakaian, makan dan minum dalam syari’at Islam

Bagaimana dalil tentang adab berpakaian, makan dan minum dalam syari’at Islam

3.

Menjelaskan tentang keteladanan Utsman Bin Affan dan Ali Bin Abi Thalib

memahami keteladanan Utsman Bin Affan dan Ali Bin Abi Thalib

4.

Menerapkan sifat terpuji Utsman Bin Affan dan Ali Bin Abi Thalin dalam kehidupan sehari-hari

sifat terpuji Utsman Bin Affan dan Ali Bin Abi Thalin dalam kehidupan sehari-hari

 

4.    Keterampilan

a.    Teknik Penilaian                   : Tes Praktik

b.    Bentuk Instrumen                 : Uji Praktik Kinerja

c.    Indikator                               :

No.

Indikator

Instrumen

1.

Mempraktikan adab-adab berpakaian, makan dan minum dalam syari’at islam

Terlampir

2.

Mengaplikasikan Sifat terpuji Utsman Bin Affan dan Ali Bin Thalib dalam kehidupan sehari-hari

Terlampir

 

                                                                                    Semarang 24 Februari 2023

Kepala MTs Mifathus Sa’adah                                               Mahasiswa PPL UIN Walisongo

                                                                                                                                                                                             

 

                                          

            M.Subkhan S.Psi.i.,M.Pd                                            Mohamad Amarudin

NIP.                                                                             NIM. 2004046034

 

 

Comments

Popular posts from this blog

Dawuh Masyaikh

referensi Submit jurnal