laporan
Laporan PPL MTS Miftahus Sa’adah
Dosen Pembimbing: Ibu Otih Jembarwati
S.PSi, MA
Disusun
oleh:
Mohamad
Amarudin (2004046034)
PROGRAM
STUDI TASSAWUF DAN PSIKOTERAPI
FAKULTAS
USHULUDDIN DAN HUMANIORA
UNIVERSITAS
ISLAM NEGERI WALISONGO
Kata Pengantar
Bismillahirrohmanirrahim
Alhamdulllahirobbil ‘Alamin, puji syukur atas kehadirat Allah Subhanahu Wa
Ta’ala yang telah memberikan rahmat, karunia, taufik, inayah serta hidayah-Nya
sehingga saya selaku penulis dapat menyelesaikan tugas laporan PPL TP 2023 di Madrasah Tsanawiyah Miftahus Sa’adah Mijen
Semarang serta ucapan terima kasih kepada Ibu Otih Jembarwati S.Psi, MA selaku
dosen pembimbing Lapangan.
Dari
saya selaku penyusun berharap dengan disusunnya Laporan ini dapat berguna serta
bermanfaat dalam menambah wawasan dan pengetahuan kita guna menjadikan ilmu
yang dapat membuat kita semakin mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa
Ta’ala sehingga merasa bahwa ilmu yang diketahui serta dipahami hanyalah
setetes air disamudra yang berarti hanyalah sedikit dari ilmu kita dari Yang
Maha Mengetahui yaitu Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Dari kami mengharapkan kritik
dan saran agar nantinya dalam penyusunan tugas selanjutnya lebih baik lagi dari
sebelumnya mengingat bahwa kesempurnaan hanyalah milik Allah Subhanahu Wa
Ta’ala.
Semoga tugas sederhana
dari saya bisa dipahami oleh semua kalangan yang membacanya terutama bagi
penulis sendiri. Sebelumnya mohon maaf jikalau dalam penyusunan tugas ini
terdapat kata-kata yang kurang berkenan. Saya dari penulis meminta maaf untuk
hal tersebut serta mengucapkan terimakasih telah bersedia membaca karya kami.
Semarang,11 Maret
2023
Penulis
BAB
I
PENDAHULUAN
Latar
Belakang
Ppl
ialah suatu proses yang harus dilakukan mahasiswa selain pembelajaran di dalam
kelas selama perkuliahan serta sebagai penerapan ilmu yang diperoleh dalam
perkuliah di interpretasikan di PPL. Tahun ini berbeda dengan PPL sebelumnya
yang di rumah sakit Jiwa kali ini memilih di sekolah Madrasah Tsanawiyah dan
Sekolah Menengah kejuruan dengan Alasan ketika mahasiswa PPL di rumah sakit
jiwa kurang didalam penerapan setelah selesai PPL hingga akhirnya diputuskan di
Sekolah dan Madrasah.
PPL bertujuan agar memberikan pengalaman lapangan bagi
mahasiswa serta mahasiswa diberi tugas mengajar sesuai dengan pembagian dari
guru pamong selaku pembimbing mahasiswa selama Proses PPL. Dalam Proses PPL
mahasiswa diharapkan mendapatkan pembelajaran yang akan bermanfaat dimasa
mendatang seperti halnya nanti pada kegiatan selanjutnya seperti KKN.
Harapannya setelah PPL mahasiswa memiliki bekal yang
nantinya bermanfaat setelah lulus dari perguruan tinggi dan siap dalam
menjalankan 3 tri dharma perguruan tinggi serta membangun desanya menuju ke
arah yang lebih baik dikarenakan pendidikan yang diperolehnya selama perkuliahan
dan mengajarkan ilmu yang diperolehnya kepada masyarakat sekitarnya.
RPP
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Satuan Pendidikan : MTs Mifathus
Sa’adah Mijen Semarang
Mata Pelajaran : Akidah Akhlak
Kelas / Semester : IX (Sembilan) / Genap
Materi Pokok : Adab Berpakaian,
Makan dan minum
Keteladanan Utsamanb Bin Affan dan Ali Bin
Abi Thalib
Alokasi Waktu :
4 pertemuan (1 jam = 40 menit)
A.
Kompetensi Inti:
KI 1 |
: |
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. |
KI 2 |
: |
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. |
KI 3 |
: |
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya yang terkait dengan
fenomena dan kejadian tampak mata. |
KI 4 |
: |
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. |
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.1. Memahami adab berpakain,
makan dan minum sesuai dengan syari’at Islam |
3.1.1. Menjelaskan pengertian adab dalam islam 3.1.2. Mengidentifikasi dalil tentang adab berpakain, makan dan minum 3.1.3. Menjelaskan dasar dan tujuan serta hikmah adab berpakain, makan
dan minum |
4.1. Memahami keteladanan Utsman Bin Affan dan Ali Bin Abi Thalib |
4.1.1.
Mengenal Biografi dari Utsman Bin Affan dan Ali Bin Abi Thalib 4.1.2.
Memahami Keteladan Utsman Bin Affan dan Ali Bin Abi Thalib 4..1.3.
Menerapkan sifat teladan Utsman Bin Affan dan Ali Bin Abi Thalib dalam
kehidupan sehari-hari |
C.
Tujuan Pembelajaran
1. Pertemuan
1
Setelah
peserta didik mengamati, menanya, mengeksplorasi, menalar dan merefleksi
tentang Adab
berpakaian, makan dan minum dalam Syariat Islam sehingga diharapkan peserta
didik mampu :
·
Menjelaskan pengertian Adab berpakain, makan dan minum dalam
Syari’at Islam.
2. Pertemuan
2
Setelah
peserta didik mengamati, menanya, mengeksplorasi, menalar dan merefleksi
tentang Adab
berpakaian, makan dan minum dalam Syariat Islam sehingga diharapkan peserta didik mampu :
·
Mengidentifikasi dan menerapkan Adab berpakain, makan dan minum dalam Syari’at Islam dalam
keseharian.
3. Pertemuan
3
Setelah
peserta didik mengamati, menanya, mengeksplorasi, menalar dan merefleksi
tentang keteladanan Utsman Bin Affan dan Ali Bin
Abi Thalib dan diharapkan peserta
didik mampu:
·
Mengetahui biografi dari Utsman Bin Affan dan Ali Bin Abi Thalib.
4.
Pertemuan 4
Setelah
peserta didik mengamati, menelaah, mengeksplorasi, menalar dan merefleksi
tentang keteladanan Utsman Bin Affan dan Ali Bin Abi Thalib
sehingga diharapkan peserta
didik mampu :
·
Menerapkan sifat terpuji tersebut dalam kehidupan
sehari-hari.
D. Materi Pembelajaran
1. Pertemuan
1
·
Memahami pengertian Adab berpakaian, makan dan minum
dalam Syariat Islam.
2. Pertemuan
2
·
Mengidentifikasi dalil tentang Adab
berpakaian, makan dan minum dalam Syariat.
3. Pertemuan
3
·
Mengetahui biografi dari Utsman Bin Affan dan Ali Bin Abi Thalib.
4. Pertemuan
4
·
Menerapkan sifat terpuji tersebut dalam kehidupan
sehari-hari.
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Metode
: kontekstual, kooperatif dan
diskusi.
3. Teknik : Information Search
F.
Media, Alat Dan Sumber Belajar
1. Media dan Alat
a. Laptop
b. Print Out Presentasi Powerpoint
c. Spidol
dan papan tulis
d. Power
Point
e. Video
Pembelajaran
3. Sumber Belajar
a. Buku
Kisah teladan Utsman Bin Affan dan Ali Bin Abi Thalib
b. Modul
Aqidah-Akhlak/Kelas ( semester genap)
c. Buku
Sejarah Hidup Imam Ali binAbi Thalib RadiyAllahu Anhu Oleh H.M.H. Al Hamid Al
Husaini diterbitkan di Lembaga Penyelidikan Islam Jl. Blora 29, Jakarta Oktober
1981.
d. Tarikh
Khulafa Karya Imam Jalaluddin Asy-Suyuthi
G. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama:
1. Pendahuluan (10 menit)
a.
Membuka pembelajaran dengan dengan salam, serta
berdo’a bersama.
b.
Guru memeriksa kesiapan
peserta didik dengan memeriksa kehadiran.
c.
Memberi
informasi KI / K.D., indikator, dan tujuan pembelajaran.
d.
Guru
menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.
2. Kegiatan Inti (60 menit)
Mengajar dan
Mengamati
·
Memberikan
Penjelasan pentingnya Adab berpakain, makan dan minum dalam
syar’iat islam.
·
Melakukan tanya
jawab tentang isi kandungan ayat tentang adab berpakaian, makan dan minum dalam
Syari’at
Islam.,
·
Melakukan tanya
jawab tentang pengertian adab berpakain, makan dan minum dalam Syari’at Islam.
·
Memberikan
appersepsi kepada siswa yang aktif dalam pembelajaran
Mengeksplorasi
·
membaca dari
berbagai sumber materi tentang adab
berpakain, makan dan minum dalam Syari’at Islam serta mendisusikannya.
Mengasosiasi:
·
Membuat
kesimpulan makna pengertian adab berpakain, makan dan minum
dalam Syari’at Islam.,
Mengkomunikasikan:
·
Presesntasi
hasil diskusi dan analisis dalil tentang adab berpakain, makan dan minum dalam
Syari’at Islam.
3. Penutup (10
menit)
a. Guru dan
peserta didik melaksanakan
refleksi pembelajaran yang telah dilaksanakan.
b. Melakukan
penguatan materi pelajaran hari ini.
c. Merencanakan kegiatan
tindak lanjut.
d. Menyampaikan inti
kegiatan untuk pembelajaran
berikutnya.
e. Guru bersama-sama peserta
didik menutup pelajaran dengan berdoa.
Pertemuan Kedua:
1.
Pendahuluan (10 menit)
a.
Membuka
pembelajaran dengan dengan salam, Asmaul
Husna dan berdo’a bersama.
b.
Guru memeriksa kesiapan
peserta didik dengan memeriksa kehadiran.
c.
Guru
melakukan refleksi pembelajaran sebelumnya.
d.
Guru
menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.
2. Kegiatan Inti (10 menit)
Mengajar dan
mengamati:
·
Menjeleskan
tentang keteladanan Utsman Bin Affan dan Ali Bin Thalib.
Menanya:
·
Melakukan tanya
jawab tentang sifat terpuji dari Utsman Bin Affan dan Ali Bin Abi Thalib
Mengeksplorasi:
·
Membaca Literatur dari berbagai sumber materi tentang
Utsman Bin
Affan dan Ali Bin Abi Thalib
·
Membuat
kesimpulan dari keteladanan Utsman Bin Affan dan Ali Bin Abi Thalib serta penerapannya
dimasa sekarang
Mengkomunikasikan:
·
Presesntasi
hasil analisis tentang Sifat Terpuji dari Utsman Bin Affan dan Ali Bin Abi
Thalib
3. Penutup (60 menit)
a. Guru dan
peserta didik melaksanakan
refleksi pembelajaran yang telah dilaksanakan.
b. Melakukan
penguatan materi pelajaran hari ini.
c. Memberikan tugas untuk
mengetahui pemahaman siswa dari proses pembelajara
d. Guru bersama-sama peserta
didik menutup pelajaran dengan berdoa.
H. Penilaian
1. Sikap
a.
Teknik
Penilaian : Penilaian
Diri.
b.
Bentuk
Instrumen : Lembar
Penilaian Diri.
c.
Indikator :
No. |
Sikap/Nilai |
Instrumen |
1 |
Berdoa
sebelum dan sesudah belajar |
Terlampir |
2 |
Kesungguhan
dalam proses pembelajar |
Terlampir |
3 |
Keaktifan
siswa dalam pembelajaran |
Terlampir |
4 |
Menjaga
lingkungan hidup di sekitar rumah tempat tinggal, sekolah dan masyarakat |
Terlampir |
2. Sikap
sosial
a.
Teknik
Penilaian : Penilaian Antar
Peserta Didik.
b.
Bentuk
Instrumen : Lembar antar
peserta didik
c.
Indikator :
No |
Sikap/Nilai |
Instrumen |
1. |
Tidak
menyela pembicaraan. |
Terlampir |
2. |
Tidak
berkata-kata kotor, kasar, dan takabur. |
Terlampir |
3. |
Tidak
meludah di sembarang tempat. |
Terlampir |
4. |
Tidak
menyela pembicaraan |
Terlampir |
5. |
Mengucapkan
terima kasih setelah menerima bantuan orang lain |
Terlampir |
6. |
Bersikap
5S (salam, senyum, sapa, sopan, santun) |
Terlampir |
7. |
Meminta
ijin ketika akan memasuki ruangan orang lain atau menggunakan barang milik
orang lain |
Terlampir |
3. Pengetahuan
a. Teknik Penilaian :
Tes
Tertulis
b. Bentuk Instrumen :
Uraian
c. Indikator :
No. |
Indikator |
Instrumen |
1. |
Menjelaskan pengertian adab berpakaian, makan dan minum dalam
syari’at Islam |
memahami pengertian adab berpakaian, makan dan minum dalam
syari’at Islam |
2. |
Mengidentifikasi dalil tentang adab berpakaian, makan dan minum dalam
syari’at Islam |
Bagaimana dalil tentang adab berpakaian, makan dan minum dalam
syari’at Islam |
3. |
Menjelaskan tentang keteladanan Utsman Bin Affan dan
Ali Bin Abi Thalib |
memahami keteladanan Utsman Bin Affan dan Ali Bin
Abi Thalib |
4. |
Menerapkan sifat terpuji Utsman Bin Affan dan Ali Bin Abi Thalin dalam
kehidupan sehari-hari |
sifat terpuji Utsman Bin Affan dan Ali Bin Abi Thalin dalam kehidupan
sehari-hari |
4.
Keterampilan
a.
Teknik
Penilaian : Tes
Praktik
b.
Bentuk
Instrumen : Uji
Praktik Kinerja
c.
Indikator :
No. |
Indikator |
Instrumen |
1. |
Mempraktikan
adab-adab berpakaian, makan dan
minum dalam syari’at islam |
Terlampir |
2. |
Mengaplikasikan
Sifat terpuji Utsman Bin Affan dan Ali Bin Thalib dalam kehidupan sehari-hari |
Terlampir |
Semarang 24 Februari
2023
Kepala MTs Mifathus Sa’adah Mahasiswa PPL UIN Walisongo
M.Subkhan S.Psi.i.,M.Pd Mohamad Amarudin
NIP. NIM.
2004046034
Comments
Post a Comment